selamat datang di blog dhenyxconfused, enjoy reading ^^

Jumat, 21 Januari 2011

Peranan Manusia di Lingkungannya

Manusia sebagai makhluk sosial, hemm tentunya kita sudah pasti tau itu karena manusia merupakan makhluk yang hidupnya butuh adanya orang lain, atau saling terhubung oleh orang lain. Manusia bisa dikatakan sebagai makhluk sosial, juga karena pada diri manusia itu ada dorongan serta kebutuhan yang terhubung secara banyak/interaksi dengan orang lain, manusia juga tidak akan bisa hidup sebagai manusia jika tidak hidup dengan manusia lainnya. tanpa bantuan manusia lain, manusia tidak mungkin bisa berjalan dengan tegak, tidak bisa menggunakan tangannya, berkomunikasi bahkan tidak bisa mengembangkan potensinya.

Dapat disimpulkan, bahwa manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, karena beberapa alasan, yaitu:

  • Manusia tunduk pada aturan, serta pada norma sosial.
  • Perilaku manusia yang begitu mengharapkan suatu penilaian dari orang lain.
  • Manusia memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain maupun individu lain.
  • Potensi manusia akan berkembang bila ia hidup di tengah-tengah manusia lainnya, karena akan membuat motivasi pada dirinya.

Manusia sebagai makhluk sosial tentunya memiliki peranan di masyarakat, peranan tersebut yang nantinya merupakan kewajiban kita untuk menjalankannya. Peranan bersosialisasi tentu termasuk yang saya lakukan, karenan sosialisasi antar masyarakat sangat penting, sebagai contohnya kegiatan karang taruna dan gotong royong antar warga yang saya lakukan dilingkungan masyarakat saya. Interaksi antar makhluk sosial pada karang taruna saya sangat terasa, karena disana kita saling berinteraksi secara diskusi, berbicara, dan melakukan hal-hal lain yang sifatnya sukarela. Karena dengan begitu saya akan memposisikan diri saya ditengah-tengah masyarakat tersebut sebagai makhluk sosial yang memiliki peranan yang dibutuhkan oleh sesama. Namun kadang kala dengan adanya suatu komunikasi, pasti akan timbul suatu perselisihan salah paham yang terjadi, tapi jika itu terjadi saya akan menanggapinya dengan sesuatu yang matang dan tidak memaksakan argumen masing-masing individu.

Sama halnya dengan hal peranan saya diatas, peranan saya dalam kelas berusaha saya tunjukan dengan menjadi karakter yang bijaksana, tidak egois dan memposisikan diri masuk kedalam kelas tersebut. namun saya selalu bertindak agar kelas saya tersebut semakin maju dan berkembang.

Tidak ada komentar: